Senin, 19 September 2011

Klasifikasi Web


NIM : 11410100079
Dosen :Bapak Cahyadi

KLASIFIKASI WEB

Jenis-jenis web sekarang sangat bervariasi. Kalau dulu hanya ada satu jenis website saja, yaitu sebagai tempat untuk menyebar informasi, kini sudah bermacam-macam. Berbagai website tersebut di antaranya adalah:
  1. Website: untuk menyebar informasi kepada pembaca dan pengunjungnya. Website banyak digunakan oleh perusahaan, instansi, organisasi, meskipun ada juga perorangan.
  2. Blog: untuk menyampaikan informasi bersifat pribadi, sehingga biasanya digunakan oleh perorangan. Meskipun demikian, sekarang banyak juga perusahaan dan institusi juga menggunakan blog, karena lebih interaktif dibanding website.
  3. Forum: adalah situs yang digunakan untuk berbincang-bincang mengenai berbagai topik yang sudah dikelompokkan tempatnya. Pengunjung atau peserta biasanya harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.
  4. Pencari: merupakan situs yang digunakan untuk mencari informasi dengan cara tertentu. Contoh adalah Google dan Yahoo, meskipun sekarang muncul juga Bing (Microsoft) dan Wolfram Alfa.
  5. Wiki: yaitu situs yang digunakan untuk menyimpan berbagai entri seperti kamus atau ensiklopedia. Pengunjung dapat mencari keterangan tentang satu istilah, nama, atau topik secara lengkap.
  6. Penyimpan file: adalah situs yang ditujukan untuk menyimpan berbagai file dalam ukuran besar, sehingga cocok dipakai sebagai backup. Kapasitas yang disediakan cukup besar, antara 5 hingga 25 GB dan gratis, meskipun yang berbayar akan lebih banyak lagi fasilitas dan kapasitasnya. Misalnya RapidShare, HotFile, 4Shared, Ziddu, dan Google.
  7. Email: adalah merupakan situs untuk berkomunikasi melalui e-mail, kebanyakan bersifat gratis.
  8. Jejaring sosial: situs yang ditujukan untuk berkomunikasi secara sederhana, cepat, dan masif. Contohnya adalah facebook, twitter, friendster, dan yahoo.
Kalau Anda akan membuat situs, tentukan dulu jenis informasi apa yang akan Anda muat di sana. Lalu pilihlah salah satu dari berbagai jenis situs yang sudah diuraikan di atas.




DEFINISI :


Komputasi Terdaftar
                  
Komputasi terdaftar (subcription computing), suatu variasi dari komputasi utilitas, menempatkan berbagai platform komputasi bersama-sama sebagai layanan/. Para pengguna bisa mendapatkan program, informasi, atau penyimpanan melalui internet.
       

Komputasi Terpeta
                  
Dalam komputasi terpeta(grid computing), siklus pemrosesan yang tidak digunakan dari berbagai komputer dapat dikekang dalam jaringan agar bisa menciptakan kemampuan komputasi yang besar. Aplikasi komputer terpeta, yang telah digunakan secara terbatas, biasanya berada dalam area-area yang sebelumnya membutuhkan superkomputer. Komputasi terpeta memungkinkan komputasi dilakukan dengan biaya yang lebih rendah.

Komputasi Pervasive

Teknologi seperti telepon pintar, iPad, smart space, dan berbagai gadget yang saat ini berkembang merupakan hasil dari sebuah bidang ilmu: komputasi pervasif (Pervasive Computing). Pertama kali dicetuskan oleh mendiang Mark Weiser dalam visinya dengan istilah ubiquitous computing. Ubiquitous (tidak terlihat tetapi ada di mana-mana). Ide dari visinya adalah membuat komputer “menghilang”, bukan sekedar mengecil dan bisa dibawa-bawa. Komputer melebur dengan lingkungan sekitar; memperkaya perilaku lingkungan sehingga dapat menyesuaikan diri dengan manusia yang ada. Komputer sebisa mungkin tidak mengganggu/menginvasi manusia dengan keberadaannya (unobtrusive), tetapi di latar bekerja membantu manusia. Sehingga, manusia bisa berkonsentrasi terhadap aktivitasnya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar